Rabu, 23 Januari 2013

Tips Merawat PC Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat PC Agar Tidak Cepat Rusak - Di zaman sekarang ini sebagian besar kalangan bisnis maupun perseorangan sangat tergantung pada keberadaan PC untuk membantu pekerjaan mereka, bahkan mungkin sudah bagian dari kebutuhan hidup, ya gak?. PC layak untuk di jaga dan dirawat kondidinya agar tetap prima dan dapat digunakan dengan baik. Berikut ini beberapa cara / tips untuk merawat PC dengan mudah;

  • Jaga Kebersihan PC.

Bersihkan bagian luar (casing, monitor, keyboard, mouse, dan perangkat lainya) dan bagian dalam PC (motherboard, power supply, dan lain-lain) secara rutin. Untuk bagian luar gunakan lap halus, sedangkan untuk bagian salam dapat gunakan kuas lembut.
Bila sobat sering makan, minum, dan merokok di depan PC, maka sebaiknya kebiasaan tersebut sobat hilangkan karena bisa jadi remah-remah makanan, cairan minuman, ataupun nikotin dari rokok akan masuk dan menempel pada komponen PC sehingga bisa saja mengakibatkan kerusakan.

  • Jaga Tegangan Listrik.

Bila tegangan di rumah sobat kurang stabil, maka sebaiknya sobat menggunakan alat penjaga tegangan / stabilizer (stavolt). Akan lebih baik alat tersebut menggunakan baterai, misal UPS, untuk menjaga bila sewaktu-waktu aliran listrik PLN terputus. (untuk komputer)
Selain itu jangan mematikan komputer dengan cara langsung memutus aliran listrik komputer, baik melalui tombol power, sakelar, mencabut kabel, atau lainya. Untuk menjaga proses menghidupkan komputer tidak menyedot tegangan listrik secara drastis, hidupkan monitor, CPU, dan perangkat lainya satu per satu (tidak bersamaan).

  • Jaga Suhu PC.

Bila sobat sering menggunakan pc dalam waktu yang cukuo lama, pastikan suhu CPU / laptop / netbook terutama suhu prosessornya selalu dalam keadaan normal / stabil dan masih dalam batas toleransi. Jika perlu tambahkan kipas pendingin / collingfan atau alat pendingin lainya untuk menjaga suhu prosessor tersebut.
Bahkan mungkin sobat dapat menambah kipas dari luar untuk menjaga suhunya, ini sering saya laukan.

  • Jauhkan PC Dari Benda Bermagnet.

Jauhkan pc dari benda bermagnet atau benda bermagnet jauhkan dari komputer sobat. Benda bermagnet tidak hanya mengganggu monitor, tetapi juga dapat mengganggu komponen yang ada dalam CPU PC.
Bila sobat sering mendekatkan HP pada PC lebih baik hentikan kebiasaan itu, saya sering lihat di warnet banyak yang muter mp3 di dekat komputer warnetnya. Wah hp kan ada magnetnya, gak percaya? Coba aja paku deketin pada speker hp pasi tertarik oleh daya megnet speker hp.

Sekian semoga tips diatas bermanfaat - Tips Merawat PC Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat PC Agar Tidak Cepat Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: DEDE SULAIMAN 123